Kamis, 25 Desember 2014

20 Etika Berbicara dan 20 Etika Berdiskusi

ETIKA BERBICARA
  1. Suara jelas, tidak terlalu keras juga tidak terlalu pelan
  2. Tidak membentak dan atau berbicara keras
  3. Tidak menyindir, mencela dan atau sinis
  4. Tidak sambil makan/merokok
  5. Menatap lawan bicara
  6. Tidak bertele-tele ( to the point )
  7. Tidak mendominasi pembicaraan
  8. Bersikap ramah dan santun
  9. Memperhatikan lawan bicara serta menyimak dan mendengarkan lawan bicara dengan seksama
  10. Tidak mengobrol dengan seseorang tanpa menghiraukan yang lain
  11. Hindari perdebatan yang tidak perlu
  12. Hindari menggunakan bahasa asing yang berlebihan dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  13. Berdasarkan fakta dan tidak mengada-ada
  14. Menyejukkan dan tidak memprovokasi
  15. Menggunakan bahasa yang dipahami audience
  16. Hindari bercanda dengan kata-kata jorok dan menghindari kata-kata kasar
  17. Hindari membicarakan kejelekan orang lain
  18. Bersikap tenang dan tidak emosi
  19. Tidak berbicara tinggi atau sombong sehingga terkesan yang paling pintar
  20. Tidak memotong pembicaraan orang lain

ETIKA BERDISKUSI
  1. Hormati pimpinan rapat atau moderator
  2. Bicara jika sudah dipersilahkan dan tidak memotong pembicaraan
  3. Jangan mendominasi pembicaraan dan mau menang sendiri
  4. Mau terima saran orang lain dan jangan sampai adu fisik karena berbeda pendapat
  5. Bicara tidak bertele-tele, singkat, padat, langsung pada tujuan, jelas, tegas tapi santun
  6. Tidak menggurui
  7. Tidak memojokkan, menghina, meremehkan orang lain
  8. Dilarang bicara sambil menunjuk orang lain
  9. Tidak bicara kasar, keras, tapi tegas dan berwibawa
  10. Tidak mengobrol sendiri dan memperhatikan dengan serius serta jangan sampai mengantuk atau tidur
  11. Tidak merokok dan atau makan  di ruang rapat
  12. Duduk dengan sopan
  13. Bicara dengan tenang, tidak dengan nada tinggi dan emosi
  14. Bicara berdasarkan fakta bukan asumsi
  15. Tidak subjektif tapi objektif
  16. Hindari penggunaan bahasa asing yang tidak dimengerti
  17. Selingi dengan humor cerdas
  18. Jangan bicara sambil memalingkan wajah dan sambil menyilangkan tangan
  19. Jangan meninggalkan ruangan sebelum selesai terlebih karena tidak setuju dengan pendapat audience
  20. Tidak memukul-mukul meja saat bicara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar