1. Tujuan
Membuat Remake dari "One Litlle Finger"
2. Alat
Adobe Flash CS6
3. Dasar Teori
- Walk Cycle:
Walk cycle dalam
pelajaran animasi adalah gerakan berjalan karakter atau tokoh film
animasi. Disebut walk cycle karena gerak berjalannya, antara langkah
pertama-kedua-ketiga dst-nya sama. Berjalan dengan pengulangan yang
sama, bedanya hanya berganti kiri dan kanan.
- Animasi Tween :
Sebuah
cara yang efektif untuk membuat animasi berupa pergerakan dan
perubahan-perubahan ukuran objek, putaran, perubahan warna, atau
perubahan atribut-atribut lainnya pada keseluruhan waktu tayang untuk
meminimalkan ukuran file.
- Keyframe
Keyframe merupakan
suatu tempat yang digunakan untuk menaruh objek. Keyframe boleh kosong.
Keyframe bisa disebut juga kepala frame karena memiliki titik, dan bila
keyframe dihapus, maka frame juga ikut menghilang.
- Pose
Berikut
adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut
dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian
rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa
disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.
Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.Untuk
mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki
dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan
berikutnya.
4. Tugas Praktikum
Membuat Remake dari "One Litlle Finger"
5. Hasil Praktikum
6. Kesimpulan
7. Referensi
[Draw with Jazza, How To Animate - Walk Cycle (Tweened)] https://www.youtube.com/watch?v=OdhuDGOyAXc
[Nella, Walk Cycle] https://ap304.wordpress.com/2012/10/30/walk-cycle-3/
[Harum, Pengertian Animasi] http://indahnyapenyiaran.blogspot.co.id/p/animasi.html
[Febrianto Arif, Apakah Keyframe itu?] http://blog.flashindonesia.com/2010/02/apakah-keyframe-itu/
[Moh Hasbi Assidiqi, Prak 2. Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional] http://www.mohhasbias.com/prak-2-membuat-animasi-stickman-menggunakan-adobe-flash/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar