1. Tujuan
untuk mengenal tampilan (interface) dari Adobe Flash Professional.
2. Dasar Teori
Flash
merupakan suatu program grafis multimedia dan animasi yang dibuat oleh
perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun
animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat
game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat
beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini
tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash.
menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian tampilan Adobe Flash di bawah ini :
4. Hasil Praktikum
1.
Toolbar
Tempat kumpulan tools yang nantinya akan digunakan pada saat
mengoperasikan Adobe Flash Player. Untuk dapat mengoperasikan Adobe Flash
Player, memahami fungsi dari setiap tools yang terdapat pada flash sangatlah
penting, karena fungsi setiap tools berbeda.
2.
Stage
Stage merupakan
area untuk menempatkan gambar dan atau komponen-komponen yang diperlukan dalam
pembuatan animasi.
3.
Other Panel
Fungsi dari
bagian panel adalah untuk menambahkan pengeditan pada gambar atau komponen
animasi. Panel ini dapat di tambah atau di kurangi dengan cara mengedit
penampilan (interface) dari flash melalui menu bar window.
4.
Panel Properties
Pada panel properties terdapat beberapa
bagian antara lain :
-
Publish :
publish digunakan dalam pengaturan hasil publishan dari pekerjaan pada flash,
dalam publish setting terdapat beberapa pilihan jenis publish diantaranya
adalah swf, exe, jpg, fla, html, dll.
-
Properties :
properties digunakan untuk mengatur warna dari stage, mengatur ukuran stage,
dan fps (kecepatan jalannya pergerakan animasi persecondnya)
-
Position and
size : panel ini akan muncul ketika
dalam stage terdapat komponen animasi dan komponen tersebut di klik. Fungsi dari
panel ini adalah untuk melakukan pengaturan ukuran dan juga posisi dari
komponen animasi.
5. Zoom, Scene, Symbol
-
Zoom digunakan
untuk mengatur dekat jauhnya stage dari flash.
-
Scene digunakan
untuk memilih scene mana yang diaktifkan atau di tampilkan pada stage, ada
kalanya pada 1 name file terdapat lebih dari 1 scene yang digunakan.
-
Symbol
digunakan untuk memilih symbol mana yang akan diedit, dengan memilih symbol
dari tools Symbol ini pengeditan symbol dapat dilakukan dengan mudah karena
dalam stage hanya akan muncul symbol yang akan diedit.
6.
Timeline
Timeline adalah
tempat dimana dilakuakannya eksekusi pembuatan keyframe dalam pembuatan animasi
pada flash.
7.
Name File
Fungsi dari
name file adalah memberikan informasi mengenai nama file yang sedang aktif.
8.
Esentials
Esentials memberikan
pilihan mengenai pengaturan interface yang dapat digunakan pada flash.
9.
Panel properties dan Library
Untuk mengaktifkan
pilihan property atau library. Ketika property yang diaktifkan, maka akan
muncul pengaturan mengenai property tepat di bawah panel. Namun apabila panel
Library yang diaktifkan maka akan muncul History Library yang digunakan pada
pembuatan animasi.
5. Kesimpulan
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat animasi adalah Adobe Flash. Untuk dapat mengaplikasikan Adobe Flash maka perlu untuk memahami interface dari Adobe Flash.
6. Referensi
[Emo "Mengenal Flash"] http://morfour.blogspot.com/p/mengenal-flash.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar