Selasa, 01 September 2015

Praktikum 1 Mengenal Interface Adobe Flash

1. Tujuan
     untuk mengenal tampilan (interface) dari Adobe Flash Professional.

2. Dasar Teori
    Flash merupakan suatu program grafis  multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash.

3. Tugas Praktikum
    menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian tampilan Adobe Flash di bawah ini :
 

4. Hasil Praktikum



1.      Toolbar
Tempat kumpulan tools yang nantinya akan digunakan pada saat mengoperasikan Adobe Flash Player. Untuk dapat mengoperasikan Adobe Flash Player, memahami fungsi dari setiap tools yang terdapat pada flash sangatlah penting, karena fungsi setiap tools berbeda.

2.      Stage
Stage merupakan area untuk menempatkan gambar dan atau komponen-komponen yang diperlukan dalam pembuatan animasi.

3.      Other Panel
Fungsi dari bagian panel adalah untuk menambahkan pengeditan pada gambar atau komponen animasi. Panel ini dapat di tambah atau di kurangi dengan cara mengedit penampilan (interface) dari flash melalui menu bar window.

4.      Panel Properties
Pada panel properties terdapat beberapa bagian antara lain   :
-          Publish                  : publish digunakan dalam pengaturan hasil publishan dari pekerjaan pada flash, dalam publish setting terdapat beberapa pilihan jenis publish diantaranya adalah swf, exe, jpg, fla, html, dll.
-          Properties              : properties digunakan untuk mengatur warna dari stage, mengatur ukuran stage, dan fps (kecepatan jalannya pergerakan animasi persecondnya)
-          Position and size   : panel ini akan muncul ketika dalam stage terdapat komponen animasi dan komponen tersebut di klik. Fungsi dari panel ini adalah untuk melakukan pengaturan ukuran dan juga posisi dari komponen animasi.

5.      Zoom, Scene, Symbol
-          Zoom digunakan untuk mengatur dekat jauhnya stage dari flash.
-          Scene digunakan untuk memilih scene mana yang diaktifkan atau di tampilkan pada stage, ada kalanya pada 1 name file terdapat lebih dari 1 scene yang digunakan.
-          Symbol digunakan untuk memilih symbol mana yang akan diedit, dengan memilih symbol dari tools Symbol ini pengeditan symbol dapat dilakukan dengan mudah karena dalam stage hanya akan muncul symbol yang akan diedit.

6.      Timeline
Timeline adalah tempat dimana dilakuakannya eksekusi pembuatan keyframe dalam pembuatan animasi pada flash.

7.      Name File
Fungsi dari name file adalah memberikan informasi mengenai nama file yang sedang aktif.

8.      Esentials
Esentials memberikan pilihan mengenai pengaturan interface yang dapat digunakan pada flash.

9.      Panel properties dan Library
Untuk mengaktifkan pilihan property atau library. Ketika property yang diaktifkan, maka akan muncul pengaturan mengenai property tepat di bawah panel. Namun apabila panel Library yang diaktifkan maka akan muncul History Library yang digunakan pada pembuatan animasi.

5. Kesimpulan
    Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat animasi adalah Adobe Flash. Untuk dapat mengaplikasikan Adobe Flash maka perlu untuk memahami interface dari Adobe Flash.

6. Referensi
[Emo "Mengenal Flash"] http://morfour.blogspot.com/p/mengenal-flash.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar