Senin, 07 September 2015

Praktikum 2 Membuat Animasi Stickman di Flash

1.    Tujuan
Mengetahui cara membuat animasi dengan menggunakan tools yang ada di flash dan fungsi dari Key Frame.

2.    Alat dan Bahan
Adobe Flash CS6.

3.    Dasar Teori
Flash merupakan suatu program grafis  multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash.

Keyframe merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menaruh objek. Keyframe boleh kosong. Keyframe bisa disebut juga kepala frame karena memiliki titik, dan bila keyframe dihapus, maka frame juga ikut menghilang.

4.      Tugas Praktikum
Membuat stickman berjalan.

1. Stickman




2. Animasi Berjalan

5.    Hasil Praktikum



Untuk membuat animasi seperti di atas, pertama membuat struktur dari stickman. Kemudian, setelah membuat struktur yang pertama, selanjutnya adalah mengelompokan stickman sesuai dengan posisi badan dari stickman.

Setelah selesai mengelompokkan posisi masing-masing badan dari stickman, selanjutnya adalah membuat keyframe untuk penganimasian. Pada praktikum ini, keyframe di letakkan pada setiap frame dengan loncatan 5 frame.






Pada setiap keyframe, gerak dari stickman dibuat berbeda dan posisi stickman berubah sehingga nantinya pada saat di jalankan, stickman terlihat bergerak.














Lanjutkan untuk membuat beberapa pergerakan atau mengulang pergerakan yang sebelumnya sehingga keyframe bertambah.

Untuk melihat hasil dari animasi, tekan “Enter” pada keyboard, atau tekan kombinasi tombol “Ctrl+Enter”.

Setelah selesai membuat animasi, simpan hasil animasi dengan memilih menu “File-Save”

1.    Kesimpulan
Keyframe pada Adobe Flash berfungsi untuk membuat sebuah animasi karena apabila ditambahkan keyframe dan posisi dari animasi sebelumnya diubah maka ketika di play akan ada pergerakan pada objek.

2.    Referensi
[Terry Irawan, Animasi Stickman dengan Adobe Flash CS3 (Latihan Animasi Frame by Frame] http://news.palcomtech.com/animasi-stickman-dengan-adobe-flash-cs3-latihan-animasi-frame-by-frame/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar