1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang
terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah
pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
·
Adobe Illustrator CC
·
Cinema 4D R16
3. Bahan
“tanpa bahan”
·
Niat dan kemauan
·
Restu Orang Tua
·
Kesabaran
4. Dasar
Teori
·
NURBS/Spline Modeling
NURBS
adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif
dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki
wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat
oleh permukaan halus.
NURBS
Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS
cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan
menggerakkan serangkaian yang disebut CV (kontrol simpul). Untuk model
permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di sepanjang kontur menonjol, dan
perangkat lunak secara otomatis interpolates ruang yang diantaranya.
·
Cara Kerja Sweep pada Cinema 4D
Sapuan
NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek
seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut
dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar
dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
·
Bump Map
Bump
maps adalah maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan
menggunakan maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik,
tidak seperti objek-objek yang memiliki permukaan normal pada umumnya. Rumus
pekerjaan dari maps ini akan menerapkan bidang untuk intensitas dalam maps yang
menunjukkan tingkat rendah tingginya suatu permukaan objek, fungsi maps ini
akan mengacaukan permukaan objek yang normal, sehingga menimbulkan kesan unik
ketika hasilnya sudah di-render.
Untuk
kegiatannya, bump mapping adalah sebuah teknik grafis komputer di mana pada
setiap pixel untuk permukaan normal objek, akan diberikan efek tidak halus dan
diterapkan sebelum melakukan perhitungan iluminasi. Hasilnya, objek yang diberi
maps akan lebih kaya, serta lebih rinci untuk representasi permukaan objek dan
lebih mirip pada permukaan alam.
5. Tugas
Praktikum
Tirukan petunjuk
praktikum yang diberikan
6. Petunjuk
Praktikum
a)
Extrude text kemudian menambahkan accent
menggunakan Sweep NURBS
b)
Membuat material yang bersifat Glossy
7. Hasil
Praktikum
8. Kesimpulan
Untuk dapat membuat hasil dari pembuatan
objek 3D lebih terlihat lebih indah dan memiliki sebuah tekstur, dapat
menggunakan teknik yang dinamakan teknik Sweep yang sudah di sediakan oleh
Cinema 4D. Kesulitan pada saat melakukan ekstrude dari sebuah huruf adalah
ketika huruf tersebut memiliki rongga atau lubang, Karena jika desain dari
huruf tersebut tidak benar benar kosong pada bagian rongganya, maka tidak akan
bisa untuk terbentuk sempurna ketika di ekstrude.
9. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar