Rabu, 13 April 2016

Prak 07 – Membuat Aset Utama

1.     Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

2.     Alat
·      Adobe Illustrator CC
·      Cinema 4D R16

3.     Bahan
“tanpa bahan”
·      Niat dan kemauan
·      Restu Orang Tua
·      Kesabaran

4.     Dasar Teori
·      NURBS/Spline Modeling
NURBS adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat oleh permukaan halus.

NURBS Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan menggerakkan serangkaian yang  disebut CV (kontrol simpul). Untuk model permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di sepanjang kontur menonjol, dan perangkat lunak secara otomatis interpolates ruang yang diantaranya.

·      Cara Kerja Sweep pada Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.

·      Bump Map
Bump maps adalah maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan menggunakan maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik, tidak seperti objek-objek yang memiliki permukaan normal pada umumnya. Rumus pekerjaan dari maps ini akan menerapkan bidang untuk intensitas dalam maps yang menunjukkan tingkat rendah tingginya suatu permukaan objek, fungsi maps ini akan mengacaukan permukaan objek yang normal, sehingga menimbulkan kesan unik ketika hasilnya sudah di-render.

Untuk kegiatannya, bump mapping adalah sebuah teknik grafis komputer di mana pada setiap pixel untuk permukaan normal objek, akan diberikan efek tidak halus dan diterapkan sebelum melakukan perhitungan iluminasi. Hasilnya, objek yang diberi maps akan lebih kaya, serta lebih rinci untuk representasi permukaan objek dan lebih mirip pada permukaan alam.


5.     Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6.     Petunjuk Praktikum
a)    Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
b)   Membuat material yang bersifat Glossy

7.     Hasil Praktikum



8.     Kesimpulan
Untuk dapat membuat hasil dari pembuatan objek 3D lebih terlihat lebih indah dan memiliki sebuah tekstur, dapat menggunakan teknik yang dinamakan teknik Sweep yang sudah di sediakan oleh Cinema 4D. Kesulitan pada saat melakukan ekstrude dari sebuah huruf adalah ketika huruf tersebut memiliki rongga atau lubang, Karena jika desain dari huruf tersebut tidak benar benar kosong pada bagian rongganya, maka tidak akan bisa untuk terbentuk sempurna ketika di ekstrude.

9.     Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar