1. TUJUAN
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada
sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path
diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan
Area Light.
2. ALAT
·
Adobe Illustrator CC
·
Maxon Cinema 4D R16
·
Time Lapse Assembler
3. BAHAN
-
Animasi
yang telah di buat sebelumnya
-
Logo Vanamo yang dapat di download pada Link https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Vanamo_Logo.png
4. DASAR TEORI
-
Motion
Guide dan Camera Path
Perbedaan yang paling
terlihat dari Motion Guide dan Camera Path adalah, Motion Guide digunakan pada
animasi 2 Dimensi dan merupakan jalur dari pergerakan animasi dari objek
utamanya sehingga pada proses pembuatan animasi, tidak perlu menambahkan
beberapa keyframe di setiap perpindahan objek animasinya, dan animasi secara
otomatis dapat bergerak sesuai dengan garis atau line yang telah digambarkan
sebelumnya. Sedangkan Camera Path merupakan jalur untuk pergerakan kamera yang
banyak digunakan dalam pembuatan Animasi 3 Dimensi.
Pada dasarnya, Motion
Guide dan Camera Path merupakan suatu jalur untuk membentuk sebuah pergerakan. Kedua
nya sama-sama berfungsi menciptakan sebuah pergerakan animasi. Hanya saja yang
membedakan adalah penggunaan yang berbeda, Motion Guide digunakan pada
pembuatan animasi 2 Dimensi, sedangkan Camera Path digunakan pada pembuatan
animasi 3 Dimensi.
-
Physical
Sky dan Area Light
Physical Sky adalah
salah satu model pencahayaan yang digunakan pada animasi atau video yang
mempunyai sifat merata, yang dapat diartikan bahwa, cahaya yang nantinya jatuh
pada objek akan jatuh secara merata.
Area Light adalah salah
satu model pencahayaan yang diterapkan pada animasi atau video yang bersifat direct
atau fokus pada objek atau area tertentu sehingga nantinya akan menimbulkan
efek gelap terang pada objek yang dicahayai.
-
Material
Material
adalah sebuah fitur yang berfungsi memberikan tekstur dan warna tambahan yang telah
disediakan oleh Cinema 4D. Dengan menambahkan material, animasi yang telah
dibuat sebelumnya dapat terlihat lebih menarik dan dapat terlihat lebih hidup.
5. TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan
tugas praktikum :
1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut
dengan spline.
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4. Menambahkan Material
7. HASIL PRAKTIKUM
8. KESIMPULAN
Penambahan beberapa elemen seperti lighting membuat efek 3 Dimensi yang dibuat
semakin terlihat karena lighting dapat memberikan efek gelap terang pada objek.
Dalam melakukan praktikum ini, kesulitan yang didapatkan adalah melakukan
pengaturan dan tata letak cahaya sehingga dapat menimbulkan hasil sesuai dengan
pergerakan kameranya.
9. REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar