Jumat, 11 Maret 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material (Logo Skype)

1.  TUJUAN
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2.  ALAT
·         Adobe Illustrator CC
·         Maxon Cinema 4D R16
·         Time Lapse Assembler

3.  BAHAN
-          Animasi yang telah di buat sebelumnya
-          Logo Vanamo yang dapat di download pada Link https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Vanamo_Logo.png

4.  DASAR TEORI
-          Motion Guide dan Camera Path
Perbedaan yang paling terlihat dari Motion Guide dan Camera Path adalah, Motion Guide digunakan pada animasi 2 Dimensi dan merupakan jalur dari pergerakan animasi dari objek utamanya sehingga pada proses pembuatan animasi, tidak perlu menambahkan beberapa keyframe di setiap perpindahan objek animasinya, dan animasi secara otomatis dapat bergerak sesuai dengan garis atau line yang telah digambarkan sebelumnya. Sedangkan Camera Path merupakan jalur untuk pergerakan kamera yang banyak digunakan dalam pembuatan Animasi 3 Dimensi.
Pada dasarnya, Motion Guide dan Camera Path merupakan suatu jalur untuk membentuk sebuah pergerakan. Kedua nya sama-sama berfungsi menciptakan sebuah pergerakan animasi. Hanya saja yang membedakan adalah penggunaan yang berbeda, Motion Guide digunakan pada pembuatan animasi 2 Dimensi, sedangkan Camera Path digunakan pada pembuatan animasi 3 Dimensi.

-          Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah salah satu model pencahayaan yang digunakan pada animasi atau video yang mempunyai sifat merata, yang dapat diartikan bahwa, cahaya yang nantinya jatuh pada objek akan jatuh secara merata.
Area Light adalah salah satu model pencahayaan yang diterapkan pada animasi atau video yang bersifat direct atau fokus pada objek atau area tertentu sehingga nantinya akan menimbulkan efek gelap terang pada objek yang dicahayai.

-          Material
Material adalah sebuah fitur yang berfungsi memberikan tekstur dan warna tambahan yang telah disediakan oleh Cinema 4D. Dengan menambahkan material, animasi yang telah dibuat sebelumnya dapat terlihat lebih menarik dan dapat terlihat lebih hidup.

5.  TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1.  Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2.  Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6.  PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum :
1.  Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
2.  Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3.  Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4.  Menambahkan Material

7.  HASIL PRAKTIKUM

8.  KESIMPULAN
Penambahan beberapa elemen seperti lighting membuat efek 3 Dimensi yang dibuat semakin terlihat karena lighting dapat memberikan efek gelap terang pada objek. Dalam melakukan praktikum ini, kesulitan yang didapatkan adalah melakukan pengaturan dan tata letak cahaya sehingga dapat menimbulkan hasil sesuai dengan pergerakan kameranya.
9.  REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar