1.
Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit
tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di
C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
2.
Alat
·
Maxon Cinema 4D R16
·
Adobe After Effects CC 2015
3.
Bahan
·
hasil praktikum sebelumnya
·
Logo Vanamo yang dapat di download pada Linkhttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Vanamo_Logo.png
4.
Dasar Teori
·
Camera Depth
Camera Depth adalah salah
satu fitur pengaturan kamera pada Cinema 4D yang dapat membuat suatu ketajaman
focus pada objek yang di animasikan. Focus yang dihasilkan, hampir mendekati
layaknya kamera pada dunia nyata, bahkan dengan menggunakan Camera Depth ini,
kita dapat mengatur objek mana yang ingin di focuskan dengan memberikan nama
objek atau file pada focus objek yang terdapat pada pengaturan Camera Depth
·
Multi Pass Rendering
Multi Pass Rendering
adalah salah satu pengaturan yang terdapat pada Rendering yang memungkinkan
untuk membuat pengaturan mengenai berapa file render yang nantinya akan
dihasilkan oleh Cinema 4D pada saat kita melakukan rendering. Dengan Multi Pass
Rendering, memungkinkan untuk memisah bagian-bagian dari setiap compositing
yang sebelumnya di buat pada project animasi 3D
·
DOF
Depth of field – DOF, adalah ukuran seberapa
jauh bidang fokus dalam foto. Depth of Field (DOF) yang lebar berarti sebagian
besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan
terlihat tajam dan fokus. Sementara DOF yang sempit (shallow) berarti hanya
bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/
tidak fokus.
·
Compositing
Compositing adalah salah
satu pengaturan yang ada pada Tags Cinema 4D yang berfungsi sebagai pemisah
object buffer. Dengan menggunakan pengaturan pengaturan Compositing ini, memungkinkan
adanya beberapa objek yang nantinya ketika di Render dengan menggunakan
Pengaturan Multi Pass Rendering akan menghasilkan beberapa Objek dengan nama
sesuai dengan pengaturan pada Compositing.
5.
Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,
lakukan hal berikut:
a) Multi
Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
b) Import
masing-masing image sequences ke AE.
c)
Implementasi DOF di AE menggunakan
effect Camera Lens Blur
6.
Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk
menyelesaikan tugas praktikum
a) Setting
Camera DOF di C4D
b) Multi
Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
c) Import
masing-masing image sequences ke AE
d)
Implementasi DOF di AE menggunakan Camera
Lens Blur
7.
Hasil Praktikum
8.
Kesimpulan
Pada Cinema 4D, kita dapat mengatur hasil pengambilan gambar
kamera sesuai dengan hasil kamera pada nyatanya. Namun, untuk mendapatkan hasil
yang mendekati kata sempurnya, perlu kepekaan pada pembuatan animasinya.
Kesulitan yang didapatkan adalah ketika mengimportkan hasil
setiap file .Tif ke Adobe After Effect nama file sempat tidak dapat dibedakan,
yang membuat sulit untuk membedakan. Kemudian ketika mengatur blur pada After
Effect.
9.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar