Selasa, 29 Maret 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

1.     Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2.     Alat
·      Maxon Cinema 4D R16
·      Adobe After Effects CC 2015

3.     Bahan
·      hasil praktikum sebelumnya
·      Logo Vanamo yang dapat di download pada Linkhttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Vanamo_Logo.png

4.     Dasar Teori

·      Camera Depth
Camera Depth adalah salah satu fitur pengaturan kamera pada Cinema 4D yang dapat membuat suatu ketajaman focus pada objek yang di animasikan. Focus yang dihasilkan, hampir mendekati layaknya kamera pada dunia nyata, bahkan dengan menggunakan Camera Depth ini, kita dapat mengatur objek mana yang ingin di focuskan dengan memberikan nama objek atau file pada focus objek yang terdapat pada pengaturan Camera Depth

·      Multi Pass Rendering
Multi Pass Rendering adalah salah satu pengaturan yang terdapat pada Rendering yang memungkinkan untuk membuat pengaturan mengenai berapa file render yang nantinya akan dihasilkan oleh Cinema 4D pada saat kita melakukan rendering. Dengan Multi Pass Rendering, memungkinkan untuk memisah bagian-bagian dari setiap compositing yang sebelumnya di buat pada project animasi 3D

·      DOF
Depth of field – DOF, adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Depth of Field (DOF) yang lebar berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan fokus. Sementara DOF yang sempit (shallow) berarti hanya bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/ tidak fokus.

·      Compositing
Compositing adalah salah satu pengaturan yang ada pada Tags Cinema 4D yang berfungsi sebagai pemisah object buffer. Dengan menggunakan pengaturan pengaturan Compositing ini, memungkinkan adanya beberapa objek yang nantinya ketika di Render dengan menggunakan Pengaturan Multi Pass Rendering akan menghasilkan beberapa Objek dengan nama sesuai dengan pengaturan pada Compositing.

5.     Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
a)    Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
b)   Import masing-masing image sequences ke AE.
c)    Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

6.     Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
a)    Setting Camera DOF di C4D
b)   Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
c)    Import masing-masing image sequences ke AE
d)   Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur

7.     Hasil Praktikum


8.     Kesimpulan
Pada Cinema 4D, kita dapat mengatur hasil pengambilan gambar kamera sesuai dengan hasil kamera pada nyatanya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang mendekati kata sempurnya, perlu kepekaan pada pembuatan animasinya.
Kesulitan yang didapatkan adalah ketika mengimportkan hasil setiap file .Tif ke Adobe After Effect nama file sempat tidak dapat dibedakan, yang membuat sulit untuk membedakan. Kemudian ketika mengatur blur pada After Effect.

9.     Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar