Rabu, 16 Maret 2016

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1.     Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2.     Alat
·      Adobe Illustrator CC
·      Maxon Cinema 4D R16

3.     Bahan
·      hasil praktikum sebelumnya
·      Logo Vanamo yang dapat di download pada Linkhttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Vanamo_Logo.png

4.     Dasar Teori
·      Fungsi Secondary Assets
Secondary Assets dapat digunakan sebagai objek yang dianimasikan secara berbeda dengan animasi atau pergerakan objek utama meskipun objek utama dan objek secondary assets merupakan objek yang mempunyai bentuk yang sama.

·      Fungsi F-Curves
F-Curves berfungsi sebagai pengatur cepat lambatnya pergerakan animasi. Dengan menggunakan F-Curves, pergerakan kecepatan animasi dapat diatur secara otomatis tanpa mengatur pada timeline. Kelebihan dari F-Curves juga adalah kita dapat mengatur F-Curves dari masing-masing objek, bahkan juga bisa mengatur F-Curves dari masing-masing part atau bagian dalam satu objek.

5.     Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
a)    Tambahkan secondary Assets
b)   Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
c)    Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6.     Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum :
a)    Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
b)   Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
c)    Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves

7.     Hasil Praktikum

8.     Kesimpulan
Dalam mengatur kecepatan pergerakan animasi 3 Dimensi, terdapat salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan F-Curves. Objek yang sama dapat digunakan membuat animasi dengan pergerakan yang sama, namun, pada pembuatan animasi pada secondary assets ini, kesulitan nya adalah mengatur jumlah clone sehingga hasil dari objek dapat sesuai dengan pergerakan animasi objek utama.

9.     Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar